Penerapan Grafika Komputer
Halo guys.. kali ini waktunya Kyo-kun memposting. Postingan ini ditujukan buat tugas dari guru Pemrograman Grafik. Tugasnya yaitu disuruh bikin materi tentang Penerapan Grafika Komputer dan alhasil inilah jadinya. Check it out...
Penerapan Grafika Komputer
Grafik Komputer (computer graphics) : bagian dari ilmu komputer yang
berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital.
Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian
berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola.
Masuk ke penerapan Grafik Komputer
- Penerapan Grafik Komputer dalam kehidupan sehari-hari
1.
Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada bidang pendidikan ini digunakan apabila seorang dosen,
guru, mahasiswa ataupun siswa ingin mempresentasikan sebuah data dalam bentuk
grafik atau sebuah diagram dalam presentasinya tersebut, atau digunakan untuk
mempresentasikan objek objek secara nyata. Salah satu contohnya yaitu dengan
menggunakan microsoft powerpoint, prezi, atau yang lain.
2. Bidang sains, teknologi
dan bisnis
Dalam bidang ini bentuk
grafik dua dimensi (2D) dan tga dimensi (3D) banyak dimanfaatkan untuk
menunjukkan suatu fungsi matematik, fenomena fisis, fungsi ekonomi, histogram,
diagram batang, pie chat, diagram penjadwalan pekerjaan, diagram produksi dll
3. Bidang Kartografi
Dalam bidang ini, grafika komputer banyak digunakan untuk menyajikan
informasi geografis dan fenomena alamiah.
Contoh : peta geografi, peta relief, peta eksplorasi minyak dan
pertambangan, peta cuaca, peta kepadatan penduduk dll.
4. Computer Art
Computer art adalah
penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat
berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya.
Contoh aplikasinya: Adobe
Photoshop, Corel Painter, GIMP.3.Computer Art
5. Bidang Hiburan
Penerapan dalam bidang
hiburan adalah pada pembuatan film, acara televisi, dan video musik. Misalnya
pada pembuatan film, grafika komputer berperan dalam pembuatan efek animasi.
Terkadang juga untuk menggabungkan aktor dunia nyata dengan obyek grafik.
6. Computer-Aided Design (CAD)
CAD Adalah alat bantu berbasis komputer yang
digunakan dalam proses analisis dan desain,khususnya untuk sistem arsitektural
engineering.
CAD banyak digunakan dalam
mendesain bangunan,mobil,pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan
rumah tangga dan berbagai produk lainnya. Salah satu contoh dari aplikasi yang
tergolong CAD ini adalah AutoCAD.
7. Computer Aided Software Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam
bidang software engineering. CASE digunakan dalam meodelkan user requirement,
pemodelan basis data, workflow dalam proses bisnis, struktur program dsb.
Contoh aplikasi CASE ini
ialah Rational Rose, SyBase Power Designer.
8. Virtual Reality
Virtual reality adalah lingkungan virtual yang
seakan-akan begitu nyata dimana user dapat berinteraksi dengan objek-objek
dalam suasana atau lingkungan 3D.
Perangkat keras khusus
digunakan untuk memberikan efek pemandangan 3D dan memampukan user berinteraksi
dengan objek-objek yang adadalam lingkungan.
Contoh: aplikasi VR
parachute trainer, Latihan terjunpayung US. Navy.
9. Visualisasi Data
Adalah teknik-teknik membuat image, diagram,
atau animasi untuk mengkomunikasikanpesan.
Contoh: visualisasi dari
struktur protein, struktur suatu website, visualisasi hasil data mining.
10. Bidang Hiburan ( Entertainment )
Penerapan
dalam bidang hiburan adalah pada pembuatan film, acara televisi, dan video
musik. Misalnya pada pembuatan film, grafika komputer berperan dalam pembuatan
efek animasi. Terkadang juga untuk menggabungkan aktor dunia nyata dengan obyek
grafis.
11. Bidang Seni dan Komersial
Dalam bidang ini, grafika komputer banyak
dimanfaatkan untuk pembuatan ulang (reproduksi) gambar yang memiliki nilai
historis tinggi dan penting untuk dilestarikan, seperti gambar- gambar dari
pelukis terkenal. Juga digunakan untuk pembuatan iklan / logo dari suatu
produk.
12. Bidang Video Game
Video game
adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi
banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris,
hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game
sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network,
seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
13. Simulasi
Contoh penerapan grafika komputer dalam simulasi
adalah simulator training pilot, simulator training operator alat berat,
simulator training air traffic control, network simulator, dan lain-lain. Simulator
membantu user untuk belajar mengendalikan misalnya pesawat terbang.
Comments
Post a Comment