Integrasi LWJGL ke dalam Netbeans

Sabtu, 12 Agustus 2017 (updated!!!)

Yo guys... ketemu lagi sama Kyo-kun. Kemaren udah ngebahas tentang Penerapan Grafika Komputer, sekarang ganti topik nih. Kali ini saya mau ngebahas tentang cara Integrasi LWJGL kedalam Netbeans. Sebelumnya siapin dulu perlengkapannya nih
-      Netbeans 8.1/8.2 << ini komponen utamanya
-      LineMaker.zip << ini projectnya
-      LWJGL-2.9.1.zip << ini buat library
-      LWJGL-source-2.9.1.zip << ini buat library juga

Oke kalo udah siap langsung aja ke langkah-langkah
1.      Install dulu Netbeans (kalo belum punya) dan download zip file yg diatas;


2.     Buka FILE EXPLORER, lalu bikin folder baru. Nama foldernya bebas bisa  apa aja, disini saya kasih nama foldernya LWJGL. Simpan 3 zip file yg udah di download tadi kedalam folder yg baru dibuat;


3.     Oke sekarang select zip file LWJGL (yg linemaker gk perlu di select karena linemaker itu project, bukan library) caranya bisa di block atau tahan tombol CTRL lalu klik kanan zip filenya;


4.     Pilih extract here/ekstrak disini;


5.     Done ? not yet... Sekarang buka Netbeans;


6.     Di tampilan awal klik tab FILE di kanan atas, pilih IMPORT PROJECT > FROM ZIP;


7.     Nanti bakal muncul kotak dialog, dibagian ZIP FILE klik BROWSE;


8.     Muncul kotak dialog baru, disini kita cari Linemaker.zip yg tadi didownload. Ketemu ? pilih, lalu klik open di kanan bawah kotak dialog;




9.     Balik lagi ke kotak dialog awal, sekarang di bagian ZIP FILE udah ada linemakernya. Kalo bagian Folder itu tempat dimana project ini disimpan. Kalo udah klik import aja;


10.    Wakwak.. muncul kotak dialog PROJECT PROBLEM. Abaikan aja dulu, klik close;


11.    Dibagian window PROJECT (kalo belum ada bagian ini, coba pencet CTRL+1) ada project LineMaker yg masih merah. Klik tanda [+] yg ada disampingnya;


12.    Pilih LIBRARIES, abis itu pilih ADD LIBRARY...;


13.    Muncul kotak dialog baru, pilih CREATE yg ada disamping kanan;


14.    Muncul lagi dialog baru, kasih nama buat library. Disini saya kasih nama FCK121, done ? klik OK;



15.    Dialog baru lagi, klik ADD JAR/FOLDER...;


16.    Buka folder LWJGL> LWJGL-2.9.1> JAR;




17.    Select jinput.jar, lwjgl,jar, lwjgl_util.jar kemudian klik ADD JAR/FOLDER;


18.    klik ADD JAR/FOLDER... lagi, sekarang di folder LWJGL pilih src lalu select folder generated sama java abis itu pencet add jar/folder;


19.    klik OK dikanan bawah;


20.   Pilih libraries yg tadi baru dibikin terus klik Add library;


21.    Tadaaaa... udah gk error lagi kan;


22.   Waktunya run project. Klik tombol segitiga warna hijau di tab atas atau bisa juga langsung pencet F6;


23.   Nih hasilnya (gambarnya editan.. wkwkwk. Tapi kalo berhasil bakal sama kaya digambar).




Oke guys, mungkin cukup sekian postingan kali ini. Project masih dalam perkembangan jadi masih ada sedikit error. Tapi tenang aja, kalo udah beres pasti postingan ini saya update lagi. Untuk video juga masih proses, 2-3 hari lagi nanti saya upload videonya. Thanks for reading and have fun.

=========update=========
untuk lwjgl nya coba cek link ini dan ikuti langkah ke-7

Comments

Popular Posts